4 Cara Alami Memperbanyak ASI Dengan Asupan Makanan

Memperbanyak ASI dengan menggunakan makanan-makanan merupakan salah satu cara yang banyak digunakan oleh ibu-ibu belakangan ini. Hal ini disebabkan karena nutrisi yang masuk ke dalam tubuh merupakan hal yang sangat penting untuk menunjang kelancaran ASI. Lalu apa saja makanan yang baik untuk meningkatkan produksi ASI secara alami ini? Penasaran? Berikut ini ulasannya.

Kacang-kacangan

Ada banyak sekali jenis makanan yang dapat digunakan untuk meningkatkan produksi ASI. Salah satunya adalah makanan yang termasuk dalam golongan kacang-kacangan. Kacang merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan vitmain yang tinggi. Bukan hanya vitamin, makanan yang tergolong dalam kacang-kacangan juga bisa memiliki kandungan asam lemak tak jenuh dan juga komponen-komponen lain yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi ASI.

Contohnya adalah kacang hijau. Kacang hijau adalah makanan dalam famili kacang-kacangan yang memiliki kandungan vitamin B1 dan juga tiamin yang tintgi. Kandungan tersebut merupakan kandungan yang penting dalam tubuh mengapa? Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin B1 dan juga tiamin dalam tubuh merupakan kandungan yang penting dalam metabolisme karbohidrat.

Keberadaan dari kacang-kacangan tersebut dapat membantu untuk mengubah karbohidrat menjadi energi sehingga sangat baik dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil besar dan juga menyusui. Ya, ibu yang sendang hamil besar dan menyusui memang membutuhkan banyak energi. Oleh karena ibu konsumsi makanan yang membantu metabolisme akan sangat baik untuk dilakukan.

Bukan hanya membantu untuk meningkatkan energi dalam tubuh, kacang hijau juga merupakan cara alami memperbanyak ASI karena kandungan dalamnya yang baik untuk memperbaiki mood ibu yang sedang menyusui. Hal ini disebabkan karena dalam kacang hijau ada kandungan yang baik digunakan untuk menginkatkan hormon oksitosin dalam tubuh ibu sehingga rasa bahagia akan lebih sering dirasakan oleh ibu yang sedang menyusui. Rasa bahagia ini merupakan rasa yang sangat penting bagi tubuh ibu untuk menstimulasi produksi ASI yang dimilikinya.

Selain kacang hijau, ada lagi kacang-kacangan lain yang memilki manfaat yang besar karena kandungannya yang beragam mulai dari kacang almond, kedelai hingga kacang polong atau edamame.

Buah-buahan

Buah-buahan adalah jenis tanaman yang juga sangat penting untuk dikonsumsi ibu yang sedang menyusui. Hal ini disebabkan karena buah-buahan memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi yang dibutuhkan oleh ibu yang sedang menyusui. Untuk buah-buahan yang baik dan penting dikonsumsi ibu yang menyusui ada banyak. Bahkan semua buah merupakan buah yang baik untuk ibu yang sedang menyusui. Tapi diantara semua buah yang ada, ada beberapa buah yang memiliki kandungan yang menonjol dan dapat digunakan sebagai cara alami memperbanyak asi yang kuat. Apa saja buah tersebut?

· Pepaya

Buah pepaya merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin C dan juga kalium yang sangat tinggi. Kandungan inilah yang menyebabkannya menjadi buah-buahan yang sangat baik untuk dikonsumsi ibu yang sedang menyusui. Kalium disebut penting untuk ibu yang sendang menyusui karena keberadaannya dapat membantu mengurangi potensi munculnya stress dan depresi yang dapat menghambat produksi asi

· Semangka

Selain pepaya, semangka juga memiliki kandungan kalium yang tinggi dan seperti yang telah disebutkan sebelumnya, keberadaan kalium dalam diet ibu yang sedang menyusui sangat penting.

· Blue berry

Satu lagi buah yang dipercaya memiliki nutrisi yang sangat baik untuk ibu yang sedang menyusui. Buah tersebut adalah buah blueberry. Buah ini merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin yang lengkap sehingga konsumsinya akan memenuhi kebutuhan vitamin yang dibutuhkan ibu menyusui untuk kesehariannya. Selain vitamin, buah ini juga memiliki kandungan karbohidrat dengan ikat ganda yang sangat baik untuk menjaga energi ibu yang sedag menyusui.

Produk hewani

Makanan ada 5 komponen hal ini sering disebut dengan sebutan 4 sehat 5 sempurna. Dalam komposisi makanan tersebut lauk merupakan salah satunya. Lauk ini biasanya di buat dari produk hewani seperti daging-dagingan. Ya, daging atau produk hewani lainnya merupakan komponen yang penting dalam sebuah porsi makanan.

Hal ini berlaku untuk semua orang. Meski berlaku untuk semua, ibu yang sedang hamil memiliki kebutuhan khusus akan makanan dari produk hewani dalam dietnya salah satunya adalah daging sapi. Mengonsumsi daging sapi merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan oleh ibu yang sendang menyusui karena ada banyak kandungan yang dimilikinya. Diantaranya adalah protein dan juga vitamin B12.

Protein merupakan salah satu sumber energi yang penting bagi ibu yang sedang menyusui begitu juga dengan vitamin B12. Oleh karena itu, meski makanan berupa sayuran dan juga buah-buahan memang sangat penting, makanan dari produk hewani seperti daging sapi ini juga sangat penting untuk kesehatan dan kelancaran produksi ASI. Hanya saja sebaiknya pilihlah daging sapi yang tidak memiliki lemak agar kesehatan ibu juga terjaga.

Selain daging hewan. Ada juga sumber protein hewani yang sangat baik untuk dikonsumsi ibu yang sedang menyusui, ia adalah telur. Telur merupakan produk hewani yang memiliki kandungan yang baik untuk meningkatkan kualitas ASI. Ya, cara alami memperbanyak ASI saja sebetulnya bukan merupakan hal yang paling utama untuk ibu yang sedang menyusui.

Selain kuantitas, kualitas ASI juga perlu diperhatikan. Bagian kuning telur merupakan bagian yang sangat baik untuk ibu yang sedang menyusui hal ini disebabkan karena dalam telur ada omega 3 yang baik untuk pertumbuhan otak bayi dan juga manfaat lain yang baik untuk pertumbuhan tulang bayi.

Selain bahan-bahan di atas anda juga bisa meningkatkan kualitas ASI anda dengan mengonsumsi makanan lainnya yang memiliki kandungan asam folat dan juga omega 3.

Air putih

Cara alami memperbanyak ASI yang satu ini tentunya sudah bukan cara yang asing untuk dilakukan bukan? Ya, air putih memang rahasia untuk hidup dengan sehat. Air putih ternyata tidak hanya memiliki manfaat untuk tubuh agar menjaga tubuh agar tetap sehat. Untuk ibu yang sedang menyusui, keberadaan air putih merupakan salah satu hal yang sangat penting, hal ini disebabkan karena air putih dapat membantu meningkatkan produksi ASI dalam jumlah yang besar jika dikonsumsi dengan baik dan benar.

Untuk meningkatkan produksi ASI, sebaiknya minum air putih sebayak 10 hingga 12 gelas air setiap harinya. Sebenarnya air bisa di dapatkan dari sumber apapun, tapi jika anda mengonsumsi air teh atau kopi untuk memenuhi kebutuhan anda akan air putih akan ada residu dalam darah anda yang mungkin akan mempengaruhi kualitas darah dan ASI yang anda produksi. Anda tentu tidak ingin hal-hal buruk pada anak anda bukan? Oleh karena itu, untuk pemenuhan kebutuhan akan cairan sebaiknya pilihlah air putih dibandingkan dengan air yang lainnya.

Demikianlah cara alami memperbanyak ASI yang kami tawarkan semoga dapat membantu!